Home ArtikelAllianz Life Changer
Allianz Life Changer , Allianz Life Changer , 08 Aug 2018

Generasi milenial kerap menjadi sorotan. Bagaimana tidak, sebab generasi tersebut merupakan tumpuan dan harapan bangsa di masa yang akan datang. 

Namun, beberapa masalah kerap menghampiri generasi muda yang melek teknologi itu, salah satunya adalah perilaku konsumtif yang tanpa disadari dapat mengancam masa depan mereka. Perilaku tersebut dapat berdampak ke kehidupan mereka dimasa yang akan datang, contohnya adalah kesulitan untuk memiliki rumah atau hunian dalam beberapa tahun mendatang.

Masalah yang dihadapi para milenial ini disebabkan pertumbuhan pendapatan yang tidak sebanding dengan kenaikan harga properti. Kenaikan pendapatan generasi milenial dalam 4-5 tahun ke depan hanya 10 persen, jauh dengan kenaikan harga tanah yang menyentuh angka 20 persen.

Padahal, dengan pengelolaan keuangan yang baik, memiliki hidup mapan serta rumah di masa yang akan datang bukan sekadar impian. Tersebab hal itu, sangat penting bagi para milenial untuk meluangkan waktu membuat perencanaan keuangan.

Ada beberapa hal mendasar dan mudah untuk dipraktikkan yang akan membantu generasi milenial dalam mengelola keuangan, silakan simak di bawah ini.

Membagi pos pengeluaran

Anak muda dapat mulai belajar membuat perencanaan keuangan sederhana yang dapat dilakukan dengan membagi penghasilan ke dalam beberapa pos. Pengeluaran rutin setiap bulan, dana rekreasi atau hiburan, dan dana darurat merupakan beberapa di antaranya. Besarnya pembagian tersebut dapat disesuaikan, namun khusus untuk dana darurat sebaiknya minimal sebesar 10 persen dari penghasilan setiap bulan. Dana darurat dapat digunakan sewaktu-waktu ketika ada pengeluaran mendadak seperti untuk berobat atau memperbaiki kendaraan.

Membatasi penggunaan kartu kredit

Biasakan untuk menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran utama, kecuali dalam kondisi tertentu penggunaan kartu kredit dapat memberikan keuntungan seperti potongan harga atau promosi khusus. Setelah bertransaksi menggunakan kartu kredit, pastikan pengeluaran tersebut dicatat ke dalam pos pengeluaran bulan berikutnya, supaya penghasilan yang didapatkan nanti dapat digunakan untuk melunasi tagihannya. Dengan membatasi penggunaan kartu kredit, keuangan akan lebih mudah dikendalikan.

Rutin menabung

Salah satu cara untuk mencapai impian memiliki rumah atau properti adalah dengan menabung. Para milenial dapat menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung, minimal 20-30 persen dari penghasilan yang diterima. Kebiasaan menabung perlu dilakukan sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan dan memudahkan dalam mencapai impiannya.

Menghindari perilaku konsumtif

Generasi muda harus dapat mengatur perilaku konsumtif agar tidak terus menghamburkan uang untuk hal yang tidak diperlukan, apa lagi jika uang yang digunakan berasal dari utang kartu kredit. Hal ini dapat menyebabkan generasi milenial terlilit utang dan mengalami kebangkrutan di usia muda. Jika hal tersebut terjadi, Impian untuk hidup mapan dan membeli properti pun harus dikubur dalam-dalam.

Selain cara-cara di atas, membeli properti di usia muda juga dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan produktivitas atau penghasilan, salah satunya dengan membangun bisnis sendiri yang memberikan penghasilan besar, misalnya dengan menjadi Life Changer.

Life Changer merupakan program yang mendorong generasi milenial Indonesia untuk menjadi entrepreneurs (wirausaha). Allianz ingin memberikan edukasi bahwa perlindungan asuransi maupun perencanaan keuangan yang baik merupakan bagian penting dalam upaya mengubah diri sendiri maupun orang lain (secara finansial).

Melalui program tersebut, generasi milenial akan dibekali dengan pengembangan diri lewat pelatihan berskala internasional yang dilakukan secara berkala. Pembekalan ini merupakan modal penting untuk megembangkan jaringan dan membangun bisnis, sehingga di masa mendatang milenial memiliki kesempatan untuk memiliki penghasilan besar dan dapat mengelola keuangan secara baik. Hidup mapan dan memiliki properti sendiri bukan lagi sekadar impian bagi generasi milenial.

“Cintai panggilan hidupmu, perubahan di depan mata” – Vivia Jovis, Allianz Life Changer.

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?