Home ArtikelAman Di Jalan | | Artikel Allianz Indonesia
Allianz Indonesia , Aman Di Jalan | | Artikel Allianz Indonesia , 15 Jan 2017

Anda mungkin tidak perlu mengemudikan kendaraan secepat bintang F1 seperti Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, tetapi jika Anda memiliki sebuah kendaraan modern, kemungkinannya adalah mobil Anda memiliki fitur teknologi yang hampir mirip dengan mobil F1 seharga jutaan dolar yang digeber di beberapa sirkuit balap di seluruh belahan dunia. 

Dunia F1 yang hingar-bingar adalah kiblat dari banyak teknologi yang dikandung dan dikembangkan oleh kendaraan jalan raya dalam beberapa waktu terakhir. Mulai dari sistem pengereman regeneratif (terbarukan) hingga komputer on-board, pengembangan teknologi F1 awalnya didesain untuk meningkatkan performa mobil di sirkuit untuk keperluan kompetisi.

Berikut secara singkat beberapa contoh konkrit tentang bagaimana kendaraan yang kita gunakan sehari-hari memiliki fitur-fitur yang sama dengan mobil F1 yang dikendarai Nico, Lewis dan teman-temannya:

SUSPENSI AKTIF
Komputer on-board telah banyak digunakan oleh mobil-mobil F1 dalam mengubah pengaturan suspensi untuk tiap titik tikungan lebih dari satu dekade terakhir. Dan selama waktu itu, teknologinya secara bertahap mulai diperkenalkan pada kendaraan bermotor umum.

Kebanyakan performa kendaraan yang beredar saat ini memiliki suspensi yang dapat disesuaikan, artinya pengemudi dapat memilih antara pengaturan ‘nyaman’ atau ‘sporty’ sesuai dengan kondisi jalanan dan jenis perjalanannya (contoh, siapa yang duduk di kursi penumpang...).

Beberapa model yang lebih canggih bahkan dapat menyesuaikan sistem suspensinya secara otomatis, untuk mengakomodir gaya berkendara beberapa pengemudi yang berbeda, serta untuk memperbaiki performa pengereman.

 

BAN
F1 merupakan percontohan dasar untuk mengembangkan teknologi ban baru saat ini. Dan walau ban-ban yang digunakan pada sirkuit berbeda dari model yang digunakan di jalan raya, pelajaran utamanya adalah sistem riset dan pengembangannya tak berbeda jauh dari apa yang dilakukan oleh tim-tim F1 saat ini. Oleh karenanya, teknologi ban saat ini begitu canggih dan sangat menjunjung tinggi faktor keamanan.   

Faktanya, bentuk dan gaya konstruksi yang diaplikasikan pada ban-ban saat ini – yang dikenal sebagai desain ‘carcass’ – merupakan contoh langsung dari hasil riset dan uji coba dalam teknologi F1.

 

GIRBOKS
Saat spesialis ‘supercar’ Ferrari mengembangkan girboks semi-otomatis pada tahun 1989, peluang manfaat bagi kendaraan pribadi langsung dapat diketahui.

Saat ini, bahkan kendaraan berspek relatif rendah seperti Citroen C2 telah dilengkapi dengan teknologi girboks standar F1, sementara kendaraan ‘high-performance’ memiliki sistem girboks yang dapat mengatur perpindahan gigi secepat 8 mili detik!

 

BAHAN BAKAR
Dalam peraturan saat ini, pembalap F1 dilarang keras mengisi ulang bahan bakar selama lomba berlangsung. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan mengisi jumlah bahan bakar yang cukup sesuai dengan durasi lomba, tanpa menambah beban mobil.

Dan ketika masalah bahan bakar ini cukup mempengaruhi konsumsinya, adalah penting untuk meminimalisir resiko gesekan (friction) mesin, girboks, oli, pompa hidrolik, transmisi serta bantalan.

Salah satu produsen bahan bakar terkemuka, Total Oil, telah mengadopsi sistem ini untuk mengembangkan produk baru yang dapat mengurangi tingkat gesekan di dalam kendaraan Anda.

Rata-rata mobil F1 dapat menghabiskan 80 liter bahan bakar untuk setiap 1000 kilometer (62 mil). Sekitar 10 kali penggunaan rata-rata mobil pribadi!

 

RAMAH LINGKUNGAN
Para pembalap F1 kini menggunakan teknologi Kinetic Energy Recovery System / Sistem Pemulihan Energi Kinetik (KERS) untuk mengumpulkan tenaga yang terbuang akibat pengereman lalu menyimpannya – dalam sebuah kotak penyimpanan tenaga khusus – untuk dapat digunakan kembali kemudian.  

Keuntungan dari sistem ini adalah ia dapat meningkatkan akselerasi tanpa menghabiskan bahan bakar tambahan, membuatnya lebih efisien dan lebih tepat guna bagi lingkungan. Sistem yang sama telah digunakan pula dalam beberapa kendaraan pribadi.

Sebagai contohnya adalah Mazda 6, yang menggunakan sistem berbasis kapasitor yang dinamai i-ELOOP yang memiliki efek yang sama seperti KERS.

Kendaraan premium seperti Jaguar XJ terbaru juga akan mengadopsi teknologi yang sama tak lama lagi. 

Mobil Anda mungkin sudah menjadi mobil idaman Anda selama ini, apalagi sudah secanggih seperti kendaraan F1, tetapi apakah Anda sudah memberikan perlindungan yang maksimal untuk kendaraan dan jiwa Anda selama Anda berada di perjalanan.

jika menurut Anda, Anda belum mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Allianz memiliki solusi untuk Anda. Karena kepentingan utama kami adalah Keselamatan Anda, Allianz MobilKu mementingkan proses Klaim yang cepat dan mudah. Tidak sekedar asuransi mobil, tapi juga melindungi Anda dan penumpangnya.

Karena kepentingan utama kami adalah Keselamatan Anda dan keluarga

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?

Solusi Kebutuhan Anda

Pastikan mimpi keluarga Anda terjamin dengan setiap perlindungan dari awal hingga akhir. Mari kita temukan solusi kebutuhan Anda, karena risiko Anda dan keluarga adalah urusan kami.

#DareToLiveMore

Klik disini