Home ArtikelKesehatan | Artikel Allianz Indonesia
Allianz Indonesia , Kesehatan | Artikel Allianz Indonesia , 18 Jul 2017

Sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia juga memiliki bagian-bagian tubuh yang rentan akan benturan dan ini merupakan titik rawan yang harus diperhatikan karena resiko yang akan nanti ditimbulkan akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseeluruhan.

Tahukah Anda, ada beberapa titik rawan dalam tubuh yang sangat rentan terhadap benturan. Namun sebenarnya pengetahuan mengenai hal ini penting untuk diketahui oleh siapa pun, loh. Alasannya? Karena ada banyak sekali kemungkinan Anda terkena benturan, misalnya saat terjatuh, kecelakaan, atau tertimpa sebuah benda.

Memangnya apa saja bagian tubuh yang rawan dan apa dampaknya jika terkena benturan? Yuk, kita bahas satu per satu.

  • Kepala

Bagian kepala sangat rawan terhadap benturan karena otak sebagai pusat pengendali tubuh berada di dalam kepala. Jadi bisa terbayang, dong, apa dampaknya jika bagian ini sampai mengalami masalah akibat benturan? Bisa jadi Anda akan kehilangan fungsi tubuh sebagian atau bahkan total jika benturannya sangat parah.

  • Belakang leher

Pasti pernah melihat adegan dimana seseorang pingsan saat dipukul pada bagian belakang leher? Penyebabnya adalah karena pada bagian tersebut terdapat sistem saraf tulang belakang yang sangat rentan putus, dan jika ini terjadi maka bisa menyebabkan lumpuh bagi yang mengalaminya.

  • Dada

Pada bagian dada terdapat paru-paru yang sangat berperan penting terhadap sistem pernafasan. Memang sih terdapat tulang rusuk pada bagian ini untuk melindungi paru-paru. Namun, terkadang benturan yang terlalu keras justru dapat menyebabkan tulang rusuk patah dan menusuk organ. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, atau bahkan kematian jika kondisinya sangat parah.

  • Perut

Pada bagian ini terdapat organ lambung yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Ketika lambung terkena tekanan yang cukup keras maka sistem pencernaan akan terganggu. Bahkan, bisa menyebabkan muntah darah.

  • Punggung

Pada bagian punggung terdapat saraf yang berpusat di bagian sumsum tulang belakang. Ketika saraf ini mengalami kerusakan atau putus, maka bisa menyebabkan kelumpuhan total.

  • Alat indera

Benturan yang terjadi pada alat indera penglihatan (mata), indera penciuman (hidung) maupun indera pendengaran (telinga) dapat menyebabkan gangguan fungsi. Khususnya pada indera pendengaran, tidak hanya dapat menyebabkan Anda mengalami kehilangan kemampuan mendengar, tetapi juga akan mempengaruhi keseimbangan tubuh Anda.

Memang, pada saat kecelakaan yang terjadi secara cepat akan sulit untuk melindungi beberapa bagian tubuh ini. Namun jika kondisinya masih memungkinkan, setidaknya Anda bisa berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi berbagai bagian tubuh di atas agar terhindar dari benturan keras. Akan tetapi, meskipun Anda berhasil melindunginya bukan berarti Anda dipastikan aman dari dampak kecelakaan. Akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter segera setelah terjadinya kecelakaan.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pemeriksaan dan perawatan atas penyakit. Terutama bila Anda adalah pemegang polis SmartHealth Maxi Violet dari Allianz. Sebab asuransi akan menanggung biaya pengobatan selama penyakit tidak termasuk dalam Pengecualian, Anda sudah melewati masa tunggu,  dan perawatan dilakukan sesuai dengan plan.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki asuransi ini, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda untuk menerima perlindungan maksimal dari asuransi kesehatan Allianz Indonesia. Dengan perlindungan asuransi kesehatan dari Allianz Indonesia, Anda dapat fokus pada penjagaan kesehatan dan proses pengobatan diri sendiri atau keluarga saat sedang sakit.

Tahukah Anda betapa pentingnya menjaga semua aset tubuh kita

Perhatian

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke halaman ini?

Solusi Kebutuhan Anda

Apakah perlindungan asuransi di atas sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah masih ada yang ingin Anda cari?

Jika iya, mari kita temukan solusi yang tepat untuk kebutuhan hidup Anda disini.

Solusi kebutuhan Anda